Khasiat dan Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Naga Merah

Manfaat Buah Naga Merah

Buah naga merah yang memiliki nama latin hylocereus polyrhizus lebih banyak disukai dibandingkan jenis buah naga varietas yang lainnya. Buah ini berbentuk oval dengan kulitanya didominasi warna merah dengan dikelilingi sisik berwarna hijau. Jika dibelah daging buahnya berwarna merah cerah dengan dominasi biji hitam kecil. Daging buahnya memiliki rasa manis dan agak sedikit hambar, kebanyakan orang menggunakan buah naga sebagai bahan tambahan makanan bukan untuk dikonsumsi secara langsung. Buah ini termasuk buah musiman yang artinya kita tidak dapat memperoleh buah ini sepanjang tahun melainkan hanya saat musim panen saja. Tumbuhan ini dapat hidup di daerah beriklim tropis dan bisa tumbuh subur di hampir semua jenis tanah. Di Indonesia sendiri sudah mulai banyak petani yang membudidayakan buah naga karena selain harga jual yang tinggi, tidak dibutuhkan perawatan khusus untuk membudidayakan tanaman ini.

Sebenarnya kandungan nutrisi yang terdapat pada buah naga merah tidak banyak berbeda dengan buah naga kuning maupun putih. Keduanya sama-sama memiliki kandungan esensial yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin c, b1, b2, b3, fosfor, dan juga lycopene. Sebuah penelitian berhasil membuktikan jika ternyata buah naga dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah dalam tubuh, sehingga para penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi buah naga merah secara rutin. Selain baik untuk kesehatan, mafaat buah naga merah juga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Buah ini kaya akan kandungan serat yang akan membantu mengurangi lemak berlebih dan juga melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Karena khasiatnya yang cukup banyak, buah naga layak menjadi buah-buahan yang wajib dikonsumsi oleh Anda dan keluarga.

Buah naga merah biasanya diolah menjadi berbagai aneka makanan dan minuman. Namun bagi Anda yang ingin memperoleh khasiat buah naga secara utuh lebih baik mengkonsumsinya secara langsung atau dibuat menjadi jus. Karena jika buah naga sudah dimasak maka kandungan nutrisi alami buah naga akan berkurang selama proses pengolahan tadi. Jadi dapat disimpulkan selain dapat menjadi penghilang haus dan dahaga buah naga merah juga sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin hidup sehat. Selain daging buahnya yang bagitu bermanfaat, ternyata kulit buah naga juga memiliki khasiat yang berguna bagi kesehatan, untuk ulasan selengkapnya silahkan klik disini.
Posted by Unknown, Published at 7:35 AM and have 0 comments

Baca Juga Artikel Berikut :

No comments:

Post a Comment