Khasiat dan Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Berbagai Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Berbagai Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Buah pitaya atau yang lebih dikenal dengan sebutan buah naga telah sejak lama diperbincangkan oleh beberapa ahli kesehatan. Ada beberapa macam manfaat buah naga untuk kesehatan yang telah melalui proses penelitian secara akurat dan ilmiah. Buah naga sendiri pada awalnya berasal dari Meksiko dan beberapa daerah di Amerika Tengah dan Selatan. Namun berkat kandungan manfaat yang terdapat pada buah naga, kini buah tersebut telah dibudidayakan di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Menilik sejarah buah naga, pada mulanya buah ini adalah buah yang digunakan untuk tanaman hias. Dibawa oleh orang Prancis sekitar tahun 1800, buah naga menjelma menjadi buah yang sangat diminati oleh masyarakat karena dianggap sebagai pembawa berkah. Seiring perkembangan jaman, buah naga akhirnya kian banyak dibudidayakan oleh para petani  untuk dikonsumsi dan sebagai media pengobatan tradisional. Selain itu buah naga juga sangat baik untuk ibu hamil silahkan baca artikel manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Beberapa manfaat buah naga diantaranya befungsi mencegah berbagai macam penyakit degeneratif akibat kandungan serat vitamin dan mineral tinggi yang terdapat di dalamya. Buah naga juga mampu mengontrol emosi sesorang sehingga mereka yang rutin mengkonsumsi buah naga cenderung hidup lebih tenang dan damai. Serat buah naga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Pada saluran pencernaan, serat ini akan mengikat asam empedu dan kemudian dikeluarkan bersama tinja. Semakin sering seseorang mengkonsumsi buah naga, maka akan semakin banyak lemak dan asam empedu yang bisa dikeluarkan oleh tubuh. Selain mencegah kolesterol tinggi, serat pada buah naga ini juga bisa berguna membantu melancarkan sistem pencernaan. Serat pangan yang terkandung dapat memperpendek jarak waktu antara proses makanan dari rongga mulut hingga dikeluarkan menjadi fases. Hal ini dapat mengurangi resiko bermukimnya zat karsinogenik yang membahayakan tubuh.

Cara penggunaan buah naga untuk pengobatan juga terbilang sederhana. Buah yang telah matang dan segar cukup dibagi menjadi dua belah, lalu diambil bijinya menggunakan sendok. Biji Buah ini dapat langsung dimakan tanpa melalui proses yang rumit.  Itulah beberapa manfaat buah naga yang mungkin bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Di Indonesia sendiri buah naga sudah banyak dibudidayakan dan anda bisa mencarinya dengan mudah.
Posted by Unknown, Published at 7:12 PM and have 0 comments

Baca Juga Artikel Berikut :

No comments:

Post a Comment